Musa Memimpin Bangsa Israel Keluar dari Mesir

Keluaran 12:31-14:31

Malam itu juga, raja memanggil Musa dan Harun dan berkata, “Pergilah dari sini, kamu semua! Tinggalkan negeriku! Pergilah memuja Allahmu seperti yang kamu minta. Bawalah semua sapi, domba, dan kambingmu, dan pergilah! Mintakan juga berkat untukku!”

Orang Mesir mendesak orang Israel supaya cepat-cepat meninggalkan negeri itu. Kata mereka, “Kami semua akan mati kalau kamu tidak pergi!” Lalu orang-orang Israel mengambil panci-panci mereka yang berisi adonan roti yang tidak beragi, membungkusnya dengan kain, dan memikulnya. Mereka juga sudah melakukan apa yang dikatakan Musa, yaitu meminta perhiasan emas dan perak serta pakaian dari orang Mesir. Tuhan membuat orang Mesir bermurah hati kepada orang Israel, sehingga mereka memberikan segala yang diminta orang Israel. Dengan cara itu orang Israel membawa kekayaan orang Mesir keluar dari negeri itu. 

Orang Israel meninggalkan tanah Mesir
Orang Israel berangkat dan berjalan kaki dari kota Raamses ke kota Sukot. Jumlah mereka 600.000 orang, tidak terhitung perempuan dan anak-anak. Mereka membawa banyak sapi, domba dan kambing. Sejumlah besar orang asing juga ikut. Mereka membakar roti tidak beragi dari adonan yang mereka bawa dari Mesir. Mereka diusir dari situ dengan sangat mendadak, sehingga tidak sempat menyiapkan bekal. Bangsa Israel sudah tinggal di Mesir 430 tahun lamanya. 

Pada hari terakhir tahun ke-430 itu, seluruh barisan umat Tuhan meninggalkan tanah Mesir. Malam itu Tuhan terus berjaga untuk mengantar mereka keluar dari Mesir. Dan itulah juga malam yang untuk seterusnya dipersembahkan kepadaTuhan sebagai malam peringatan. Pada malam itu umat Israel harus berjaga-jaga.

Peraturan tentang perayaan Paskah
Tuhan berkata kepada Musa dan Harun, “Inilah peraturan perayaan Paskah. Orang asing tidak boleh makan daging domba yang dipersembahkan pada hari Paskah. Tetapi budak yang kamu beli boleh ikut memakannya, kalau ia sudah disunat. Orang pendatang atau buruh upahan tidak boleh ikut memakannya. Seluruh daging domba itu harus dimakan di dalam rumah, dan tak boleh dibawa ke luar. Jangan mematahkan satu pun dari tulangnya. 

Seluruh umat Israel harus merayakan pesta itu. Orang yang tidak disunat tidak boleh makan makanan pesta itu. Kalau seorang asing yang sudah menetap pada kamu ingin merayakan Paskah untuk menghormati Aku, Tuhan, semua orang laki-laki dalam keluarganya harus lebih dahulu disunat. Sesudah itu mereka dianggap seperti orang Israel asli, dan boleh ikut dalam perayaan Paskah. Peraturan yang sama berlaku untuk orang Israel asli dan orang asing yang menetap di antara kamu.” Semua orang Israel taat dan melakukan segala yang diperintahkan Tuhan kepada Musa dan Harun. Pada hari itu Tuhan membawa seluruh umat Israel keluar dari Mesir.